Home » TTG STIKOM BATAM

TTG STIKOM BATAM

TENTANG – STIKOM – MUHAMMADIYAH – BATAM
Kampus ini berdiri sejak tahun 2006, dan merupakan bentuk komitmen Muhammadiyah pada pendididkan tinggi, untuk mencerdaskan bangsa yang berakhalaq mulia.
Kampus ini merupakan kampus ke-172, yang berada di bawah naungan persyarikatan Muhammadiyah.
SK Kemendikbud RI : No : 120/E/O/2013

I. TUJUAN PENDIRIAN STIKOM
1. Memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia dan warga negara asing, di mana pun tempat tinggalnya, untuk memperoleh pendidikan tinggi;
2. memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi STIKOM Muhammadiyah;
3. mengembangkan program pendidikan Ilmu Komputer, Akuntansi, Islam dll sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.

II. VISI DAN MISI
VISI
STIKOM Muhammadiyah Batam yang di bangun tahun 2006 silam telah berupaya dan bekerja sama dengan Pemerintah Batam untuk mewujutkan Batam menjadi kota bandar madani dunia,
MISI
STIKOM Muhammadiyah Batam ,akan meningkatkan mutu pendidikan masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Batam khususnya, maupun untuk Global,
guna terwujutnya sumber daya manusia yang menguasai ilmu dan teknologi yang berlandaskan iman dan taqwa.
Maka untuk mewujutkan misi ini mari sama sama kita menuntut Ilmu dengan berlandaskan iman taqwa, supaya kita bebas dari kebodohan umat, semoga ALLAH SWT selau meridhoi kita.
III. SISTEM PEMBELAJARAN
menerapkan sistem belajar tatap muka, Serta menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non modul, seperti (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Dan STIKOM tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa STIKOM harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).
IV. CARA BELAJAR
Mahasiswa STIKOM diharapkan dapat belajar secara serius dan mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. STIKOM menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat dipelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh STIKOM, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi Dosen yang bersangkutan..
Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efektif, mahasiswa STIKOM dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di STIKOM, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.
V. SISTEM KREDIT SEMESTER
Seperti biasanya perguruan tinggi yang lain, menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa. Dalam sistem ini, beban studi yang harus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kredit semester (sks). Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 sks. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.
Dalam pendidikan ini, mahasiswa yang mengambil beban studi per sks harus mengikuti perkuliahan selama satu jam per minggu di kelas dan satu jam untuk praktek, praktikum, atau belajar di rumah, sehingga dalam satu semester mahasiswa dapat mengalokasikan waktu belajar. Untuk menempuh mata kuliah yang berbobot..
Dengan sistem belajar seperti ini mahasiswa STIKOM diharapkan mengalokasikan waktu belajar sesuai dengan beban sks yang diambil, atau mengambil beban sks setiap semester sesuai dengan waktu belajar yang dapat dialokasikan, serta mempertimbangkan kemampuan akademik masing-masing.
VI. PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
Dalam penyelenggaraan pendidikan, STIKOM Batam bekerja sama dengan STIKOM Muhammadiyah Pusat dan semua perguruan tinggi negeri dan sejumlah perguruan tinggi swasta serta instansi yang relevan yang ada di Indonesia.
Untuk memberikan layanan pendidikan secara optimal kepada mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dan di luar negeri, STIKOM bekerja sama dengan instansi lain seperti Bank Muamalat, dan Bank lainnya, ORARI dan Perpustakaan Daerah, PT Pos Indonesia. Dll.
STIKOM juga bekerja sama dengan instansi-instansi yang ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, baik instansi pemerintah, BUMN maupun swasta. Mereka dapat mengikuti program yang ada di STIKOM atau memesan program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan instansinya.


Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>